Sabtu, 10 Mac 2012

Bidaah bulan Safar(copy)

OPINI
KHURAFAT BULAN SHAFAR
Published by admin on January 15, 2012
DALAM beribadah dan menyikapi apa pun, umat Islam diwajibkan mengikuti Al-Quran dan Sunnah Rasul. Amal ibadah yang tidak diperintahkan dan dicontohkan Rasul tidak akan diterima oleh Allah SWT alias mardud (tertolak).
“Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam agama kami ini yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak.” (HR. Bukhari dan Muslim).
“Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan ajaran kami, maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim).
Amalan yang tertolak itu termasuk khurafat (tahayul, mitos, dongeng, cerita rekaan). Khurafat adalah salah satu bentuk penyelewengan dalam akidah Islam. Salah satunya, khurafat berkenaan dengan bulan Safar (Shofar, Shafar). Pada zaman Jahiliyah, ada kepercayaan bahwa bulan Safar adalah bulan sial. Kepercayaan atau mitos/tahayul tersebut langsung dibantah oleh Rasulullah Saw.
Bulan Safar adalah bulan kedua setelah Muharam dalam kalendar Islam (Hijriyah) yang berdasarkan tahun Qamariyah (perkiraan bulan mengelilingi bumi). Safar artinya kosong. Dinamakan Safar karena dalam bulan ini orang-orang Arab dulu sering meninggalkan rumah untuk menyerang musuh.
Kepercayaan bahwa Safar bulan sial atau bulan bencana masih saja dipercaya sebagian umat. Padahal, Rasul sudah menegaskan mitos itu tidak benar.
Salah satu amalan khurafat yang pernah muncul ialah “Pesta Mandi Safar”. Jika tiba bulan Safar, umat Islam mengadakan upacara mandi beramai-ramai dengan keyakinan hal itu bisa menghapuskan dosa dan menolak bala. Biasanya, amalan mandi Safar ini dilakukan pada hari Rabu minggu terakhir dalam bulan Safar yang diyakini merupakan hari penuh bencana.
Amalan mandi Safar untuk tolak bala dan menghapus dosa itu merupakan kepercayaan penganut Hindu melalui ritual “Sangam” yang mengadakan upacara penghapusan dosa melalui pesta mandi di sungai. Umat Islam harus menghormati keyakinan mereka, tapi tidak boleh menirunya.
Hingga kini pun masih ada umat Islam yang tidak mau melangsungkan pernikahan pada bulan Safar karena percaya terhadap khurafat tersebut. Sebuah keyakinan yang dapat menjerumuskan kepada jurang kemusyrikan.
Bahkan, sampai ada “amalan khusus”, misalnya hari Rabu membaca syahadat tiga kali, istighfar 300 kali, ayat kursi tujuh kali, surat Al-Fiil tujuh kali, dan sebagaiya. Jelas, itu amalah khurafat dan bid’ah yang tidak bersumber dari ajaran Islam dan tidak dicontohkan oleh Rasulullah Saw dan para sahabat.
Khurafat bulan Safar selengkapnya antara lain larangan menikah dan pertunangan, menghalangi bermusafir atau berpergian jauh, Rabu minggu terakhir bulan Safar puncak hari sial, upacara ritual menolak bala dan buang sial di pantai, sungai atau rumah (Mandi Safar), membaca jampi serapah tertentu untuk menolak bala sepanjang Safar, menjamu makan makhluk halus yang dikatakan penyebab sesuatu musibah, menganggap bayi lahir bulan Safar bernasib malang, Safar bulan Allah menurunkan kemarahan dan hukuman ke atas dunia. Semuanya itu tidak benar dan umat Islam wajib mengingkari khurafat tersebut.
Kesialan, naas, atau bala bencana dapat terjadi kapan saja, tidak hanya bulan Safar, apalagi khusus banyak terjadi pada bulan Safar. Allah Swt menegaskan:
“Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa Kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah pelindung Kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.” (QS. At-Taubah: 51 ).
Tidak amalan istimewa atau tertentu yang dikhususkan untuk dirayakan pada bulan Safar. Amalan bulan Safar adalah sama seperti amalan-amalan pada bulan-bulan lain. Kepercayaan mengenai perkara sial atau bala pada sesuatu hari, bulan dan tempat itu merupakan kepercayaan orang jahiliah sebelum kedatangan Islam.
Rasulullah Saw bersabda: “Tidak ada wabah dan tidak ada keburukan binatang terbang dan tiada kesialan bulan Safar dan larilah (jauhkan diri) daripada penyakit kusta sebagaimana kamu melarikan diri dari seekor singa” (HR. Bukhari).
Semoga Allah SWT senantiasa memberi kita kekuatan dan bimbingan, agar terhindari dari segala bentuk bid’ah, khurafat, dan tahayul sehingga kita selamat dari jurang kemusyrikan. Amin! Wallahu a’lam bish-shawab. (ASMR/Pusdai.com).*
رأي
سخافة شهر رجب
نشرت بواسطة admin في 15 يناير 2012
في العبادة ورؤية ما، من المتوقع أن المسلمين على اتباع القرآن والسنة النبوية. لا لقيادة هذه الأعمال الصالحة، وسوف لن رسول يتمثل تكون مقبولة من اسم مستعار الله سبحانه وتعالى mardud (رفض).
"كل من يجعل من شيء جديد في ديننا ليست أصلية، يتم رفض هذه المسألة." (HR. البخاري ومسلم).
"من فعل شيئا من تعاليم ليست لدينا، ثم ممارسة فهو رد" (HR. مسلم).
ورفض هذه الممارسة، بما في ذلك الخرافات (خرافة، والخرافات، الخرافات، والخيال). سخافة هو واحد شكل من أشكال الاعتداء في العقيدة الإسلامية. واحد منهم، واحترام الخرافية من صفر (لshofar، رجب). في الأيام التي سبقت الإسلام، وهناك اعتقاد أن سوء الحظ هو شهر صفر. وتعارض بشكل مباشر أو المعتقد خرافة / الخرافة من قبل النبي.
صفر هو الشهر الثاني بعد محرم من العام الهجري (Hijriyah) استنادا إلى Qamariyah (الترتيبات حول الأرض). صفر يعني فارغ. اسمه صفر لأنه في هذا الشهر عند العرب قبل مغادرة المنزل في كثير من الأحيان لمهاجمة العدو.
الاعتقاد بأن من سوء الحظ أو شهر من كارثة شهر صفر بعض الناس لا يصدق فقط. في الواقع، وكان الرسول وأكد أن أسطورة هذا ليس صحيحا.
واحدة من الممارسات الخرافية التي ظهرت في "مهرجان ربيع ماندي". إذا كان هناك ويأتي شهر صفر، والمسلمين عقد طقوس الاستحمام الشامل في الاعتقاد أنه يمكن القضاء على الخطيئة ورفض هدم. عادة، يتم ممارسة حمام صفر يوم الاربعاء في الاسبوع الماضي في شهر صفر، الذي يعتقد أنه يوم كامل من الكوارث.
الممارسات صفر لدفع حمام له وتطهيره هو الاعتقاد الهندوسي من خلال طقوس "سانجام" هو حفل الخطايا من خلال الاستحمام في مهرجان النهر. يجب على المسلمين احترام معتقداتهم، ولكن لا يمكن تقليده.
حتى الآن لا يزال هناك من المسلمين الذين لا يريدون الزواج في شهر صفر لالثقة ضد الخرافات. والثقة التي يمكن أن يخل الوثنية الفجوة.
في الواقع، حتى يكون هناك "ممارسات معينة"، على سبيل المثال، قراءة الاربعاء العقيدة ثلاث مرات، والمغفرة 300 مرة، مقعد الآية سبع مرات، في خطاب آل الفعل سبع مرات، وsebagaiya. بوضوح، والخرافات amalah والابتكارات التي لا تستمد من تعاليم الإسلام، وليس والتي تجسدت في النبي وأصحابه.
منع سفر أكثر الخرافية بين المحظورات الأخرى متزوج والمشاركة، والسفر أو بعيدا في رحلات عمل، ويوم الأربعاء الماضي من قمة صفر يوم سيئ الحظ، رفض الطقوس ورمي حظه السيئ على شاطئ البحر، النهر أو المنزل (مندي صفر)، وقراءة بعض عنة ينص على رفض طوال سفر له، وعلاج شبح تناول ما يقال أن يسبب كارثة، والنظر في ولادة الطفل صفر الطالع، أشهر صفر أسفل غضب وعقاب من الله على العالم. وكان وبشكل عام، وليس صحيحا أن المسلمين يجب أن نرفض الخرافية.
سوء الحظ، سوء الحظ، أو من الكوارث يمكن أن يحدث في أي وقت، وليس فقط في شهر صفر، ناهيك عن الكثير معين يحدث في صفر. وأكد الله:
"قل لن يحدث لنا إلا ما كتب الله قد فرض علينا. وهو ولي نحن، وفقط إلى الله من المؤمنين وضعوا ثقتهم "(سورة التوبة: 51).
أي ممارسة خاصة أو خاصة التي تم تحديدها ليتم الاحتفال به في شهر صفر. الممارسات صفر تتشابه الممارسات في غيره من الشهور. وكانت المعتقدات حول سوء الحظ أو سوء الحظ في أي شهر، يوم، وهذا الاعتقاد في عصر ما قبل الإسلام الجهل.
قال الرسول: "ليس هناك زيارة والشر و لا صفر سوء الحظ الطيران وهرب (الابتعاد) من الجذام الذي كنتم فر من الأسد" (HR. رواه البخاري).
رضي الله دائما تعطي لنا قوة والتوجيه، لذلك terhindari من جميع أشكال الهرطقة، والخرافات، والخرافات التي نحن على قيد الحياة وثنية الفجوة. آمين! بيش، shawab الله أعلم. (ASMR / Pusdai.com) *.


التراجع عن التعديلات
جديد! انقر على الكلمات أعلاه لعرض الترجمات البديلة. إزالة

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Mari Berselawat


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

world visitor

free counters